Kata Siapa Kotoran Kambing Tidak Berguna? Jadikan Pupus Saja!

JatisonoDemak — Jumat, 24 Januari 2020 diselenggarakan kegiatan di Balai Desa Jatisono. Kegiatan ini merupakan pemaparan beberapa program dari Tim I KKN UNDIP 2019/2020 Desa Jatisono. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa Jatisono Bapak H.Purnomo, S.Sos dan para komunitas Petani dan Peternak.

Program utama yang dipaparkan oleh Tim I KKN ini adalah Pemanfaatan Feses Kambing menjadi Pupuk Organik Cair dengan Starter Mol Limbah Dapur. Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak H.Purnomo, S.Sos selaku kepala desa Jatisono dan disusul oleh sambutan Kordes Tim KKN Desa Jatisono Aditya Mahendra.

Tema ini diangkat oleh Tim KKN UNDIP karena di Desa Jatisono sendiri terdapat banyak peternakan kambing. Sehingga kotoran dari kambing tersebut bisa dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.

Foto Bersama KKN Undip 2020 dengan Komunitas Petani dan Peternak

 

Pupuk Organik Cair tersebut bermodalkan bahan-bahan rumah tangga dan sampah dapur seperti ragi singkong, terasi, buah busuk untuk pembuatan starter mol.

Setelah pembuatan mol lalu dicampur ke feses kambing dan di biarkan selama 2 minggu agar hasilnya maksimal. Para komunitas petani terlihat sangat antusias dengan melayangkan pujian dan berbagai pertanyaan kepada Tim KKN. Acara diakhiri dengan pemotretan bersama Tim KKN dan Komunitas Petani dan Peternak.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan